
7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Perusahaan
1. Memiliki Wawasan yang Luas
Pemimpin perusahaan sangat bertanggung jawab terhadap perkembangan bisnis dan kesejahteraan karyawan. Anda wajib memahami bidang bisnis yang dijalankan, sehingga Anda harus meningkatkan wawasan dengan belajar dan terus belajar.
Dengan memiliki wawasan yang luas, Anda akan mampu mengarahkan dan mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai hal. Anda pun akan mendapatkan respek dari karyawan karena bisa memimpin dengan cara yang baik dan benar.
2. Bijaksana dalam Menghadapi Masalah
Gaya kepemimpinan Anda mungkin tidak disenangi oleh beberapa orang. Itu hal yang lumrah, karena Anda tidak dapat menyenangkan semua orang. Sebaik apapun cara Anda memimpin, pasti akan ada yang tidak menyukai Anda dengan beragam alasan.
Apalagi jika Anda memimpin perusahaan besar, Anda akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki kepentingan. Butuh kebijaksanaan agar Anda mampu membuat perusahaan tetap dalam kendali saat berhadapan dengan masalah. Anda akan mendapatkan dukungan dengan sikap bijak Anda.
3. Membangun Interaksi yang Menyenangkan
Sebagai pemimpin, Anda tetap perlu membangun hubungan dengan orang-orang di bawah Anda. Tidak harus menjadi terlalu dekat karena Anda punya segudang kesibukan yang harus dikerjakan.
Namun yang terpenting, upayakan bangun interaksi yang menyenangkan saat Anda berada di kantor. Tunjukkan keramahan dengan bersikap murah senyum dan mau menyapa karyawan Anda. Jadilah sosok yang bersahabat, meski level jabatan Anda berada di atas mereka.
4. Mau Mendengarkan Masukan
Biasanya, pemimpin adalah orang yang suka memberikan masukan. Namun, pemimpin yang baik juga mau mendengarkan masukan dari orang lain. Anda juga bisa belajar banyak hal baru dari orang lain.
Tidak ada salahnya menerima kritik dan saran dari karyawan. Berikan kesempatan pada siapa saja yang mau memberikan pendapat yang berbeda. Sebab Anda membutuhkan cara pandang orang lain untuk melengkapi cara pandang Anda.
5. Mau Mengakui Kesalahan dan Kekurangan
Anda tidak perlu malu, karena karyawan Anda malah akan semakin respek dengan Anda yang mau memperbaiki diri. Tunjukkan bahwa Anda adalah pemimpin yang mau menjadi pribadi yang lebih baik.
6. Mau Memberikan Apresiasi
Setiap orang butuh dihargai atas pencapaiannya. Pemimpin yang selalu mengapresiasi karyawannya, pasti akan disenangi dan dihormati. Loyalitas karyawan akan meningkat jika Anda tidak pernah lupa memberikan apresiasi atas prestasi mereka.
Ucapkanlah terima kasih atas kerja keras karyawan. Berikan pujian dan reward bagi mereka yang mencapai hasil yang memuaskan. Segala bentuk apresiasi dari Anda akan semakin memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja.
7. Memiliki Empati Terhadap Karyawan
Perhatikan kendisi karyawan-karyawan Anda. Pemimpin harus peka terhadap lingkungan sekitarnya. Tunjukkan kecintaan Anda pada karyawan dengan berempati terhadap masalah yang dihadapi mereka.
Jadilah pemimpin yang baik dan murah hati dalam menolong karyawan Anda yang sedang kesulitan. Tawarkan bantuan dan berikan semangat untuk mereka. Kebaikan Anda dapat mengubah hidup orang lain. Anda pun pasti akan semakin dicintai oleh karyawan.
sumber : http://entrepreneurcamp.id/pemimpin-yang-baik/