https://kalpata.co.id/wp-content/uploads/2017/11/1-6.jpg

Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis Kewirausahaan di Era Covid-19

PENDAHULUAN

Pada awal tahun 2020 semua negara di dunia disibukkan oleh pandemi Covid-19. Hal tersebut sangat berdampak sekali, tidak sedikit aspek keidupan mengalami perubahan-perubahan baiik perubahan kecil maupun perubahan besar. Oleh karena itu banyak Negara yang fokus pada bagaimanacaranya untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga masalah ekonomi menjadi prioritas kesekian..

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) terdampak pula adanya pandemi tersebut. Apalagi setelah diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di berbagai kota di Indonesia, omset penjualan mengalami penurunan yang sangat drastis.

Sehingga hal ini menuntut wirausaha untuk membuat cara-cara baru dalam menjual hasil produknya, seperti penjualan dengan cara online dan lainnya. Jadi wirausaha harus lebih kreatif dan inovatif dalam membuat produk atau jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pengusaha dapat bekerja lebih efektif dan efesien berkat adanya kreativitas dan inovasi.

Dengan demikian diharapkan akan terus ada pengembangan produk dan jasa yang baru. Sehingga pengusaha itu dapat menemukan peuang baru dalam menjalankan bisnisnya. Terutama dalam masa-masa sulit seperti sekarang ini dibutuhkan kreativitas dan inovasi untuk menunjang usahanya (Harsoyo Dwijo et al.,2020).

Sebuah usaha tanpa adanya kreativitas dan inovasi maka usaha yang dijalankan tidak akan pernah maju dan konsumen juga merasa bosan untuk membeli produk yang dihasilkan.

Seorang wirausaha yang berperan dalam mengembangkan kekreatifan dan inovatif dalam membuat sebuah produk akan menjadi penggerak perekonimian yang cukup besar. Selain itu juga dengan banyaknya wirausaha akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan berkurangnya angka pengangguran (Novita Mega, 2021).

PEMBAHASAN

Kewirausahaan merupakan suatu proses yang dinamis untuk menciptakan nilai tambah atas barang, jasa serta kemakmuran. Mereka yang menjadi wirausaha merupakan orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkannya untuk menangkap peluang serta mengorganisasi usaha.

Kewirausahaan adalah kemampuan kreativitas dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka unttuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh. Bisnis sebaiknya memiliki nilai dan bermanfaat. Hal ini bisa dicapai melalui kegiatan bisnis dengan menerapkan konsep kewirausahaan.

Salah satu manfaat berwirausaha adalah individu atau kelompok dapat menuangkan ide dan kreativitas dalam berbagai produk sehingga memperoleh hasil yang diinginkan.

Selain itu juga, seorang wirausaha dapat membuat peluang menjadi sesuatu yang menghasilkan dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Contoh sederhana dari berwirausaha adalah menjual jajanan seperti singkong keju, pisang krispy, dan lain sebagainnya. Untuk menjadi wirausahawan juga harus pintar memilih peluang dan target pasar yang tepat, karena jika tidak maka bisa berdampak bagi usaha yang sedang dijalankan.

Mendapatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis ayng sedang dijalankan juga salah satu hal yang sangat penting. Memberikan nilai tambah dengan adanya keunggulan dari produk yang sedang dijalankan dan layanan yang diberikan dengan cara yang baik dan sopan kepada pelanggan sesuai etika berbisnis. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini para wirausaha harus pintar -pintar dalam berwirausaha karena tidak menuntut kemungkinan arus jual-beli menurun.

Salah satu contoh kreatif dalam berwirausaha dimasa pandemi adalah melakukan pemasaran melalui media sosial (online) seperti whatapps, facebook, instagram, dan lainnya semenarik mungkin, dengan begitu pembeli lebih tertarik dengan produk yang dijual.

Di zaman sekarang semakin banyak pesaing yang sama maka akan menjadi tantangan pula bagi paara wirausahawan dalam berwirausaha. Kewirausahaan tentunya ada prinsip islam yang bersumber pada Al-Qur’an yang bertujuan untuk mencari keuntungan namun disisi lain mencari kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Pada dasarnya seorang wirausaha juga memiliki visi dan misi yang jelas dalam berbisnis. Dengan adanya hal tersebut maka mempunyai langkah yang akan dituju sehingga dapat sesuai dengan rencana. Oleh karena itu dengan adnaya visi maka dapat melihat gambaran untuk diwujudkan dan dengan adanya misi dapat mengetahui langkah apa saja yang dilakukan agar visi dan tujuan bisa tercapai.

SIMPULAN

Dua kata yang selalu berhubungan dalam dunia bisnis yaitu kreativitas dan inovasi. Kreativitas yaitu berkaitan dengan ditemukannya ide-ide baru tentang suatu produk dan inovasi adalah bagaiman cara mengimplementasikan kreativitas tersebut. Sebuah produk akan di beli oleh pelanggan tergantung dari produk itu dapat memenuhi selera pelanggannya atau tidak.

Misalnya bentuknya, warnanya, ukuran, fitur-fitur juga harga dan pelayanannya disesuaikan dengan selera pelangganya. Usaha yang dijalankan juga harus menciptakan produk berkualitas dan terjamin kebersihan khususnya untuk konsumen yang dilayani. Contih untuk usaha dibidang kuliner, harus punya perkembangan dan pemasran dalam kegiatannya, seperti perbedaan dalam ras, bentuk, warna, ukuran.

Dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini seoarang wirausaha juga harus dapat memanfaatkan teknologi dalam penjualan produk yang dijalankannya, yaitu penjualan lewat media sosial (online). Sehingga jangkauan pemasarannya lebih luas lagi. Maka hal tersebut akan dapat meningkatkan keuntungannya dan perusahaan bisa survive ditengah pandemi Covid-19.

 

Sumber : https://www.kompasiana.com/sirilivia6014/62175babbb448646284596d2/kreativitas-dan-inovasi-dalam-bisnis-kewirausahaan-di-era-covid-19?page=all#sectionall

Leave a Reply