Dunia Baru Marketing
Dalam dunia jual beli produk atau jasa srategi pemasaran sangtlah dibutuhkan oleh penjual atau pemilik perusahaan dibidang jasa. Keduanya dituntut pintar dalam membaca tempat dan waktu produk atau jasa tersebut mau dipasarkan, sebab jika mereka tidak mampu dalam mengatur srategi pemasarannya yang menjadi ancaman menurunnya tingkat penjualannya.
Di Era yang serba digital ini ada dunia baru atau strategi baru yang harus diketahui oleh penjual barang atau pemilik perusahaan jasa, yaitu strategi digital marketing?
Digital marketing dilansir dari Wikipedia adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Dari definisi tersebut tentu pembaca langsung paham apa terkait digital marketing. Jadi kesimpulannya bahwa memang benar adanya di Era yang serba digital ini perlunya penjual barang atau pemilik perusahaan jasa untuk mengerti dan paham terkait digital marketing, dengan strategi ini proses pemasaran dapat lebih cepat menjaukan konsumen atau client.
Dari penjelasan diatas dapat sedikit mengerti manfaat dari strategi pemasaran baru ini. Utnuk lebih jelasnya penulis akan menjelaskan lebih rinci terkait manfaat dan kelemahan dari digital marketing. Adapun manfaat dari digital marketing sebagai berikut :
- Hemat Biaya
Tidak sama dengan strategi pemasaran yang lain. Pemasaran menggunakan jejaring internet ini sangatlah jika kita lihat dari sisi anggaran yang harus kita keluarkan. Strategi digital marketing sangatlah menghemat pengeluaran anggaran, sebab biaya primer yang harus dikeluarkan hanya untuk pembelian kouta internet dan pembelian akun di platform yang berbayar.
Bahkan ada platform yang bisa digunakan dengan tanpa harus ada harga yang kita bayarakan atau gratis.
- Jangkauan Luas
Dengan strategi pemasaran dengan bantuan internet ini barang atau jasa yang ingin kita pasarkan dapat menjangkau pasar yang sangat luas. Berbeda dengan marketing konvensional, digital marketing memberikan pada penjual atau pemilik perusahan jasa untuk lebih mudah menjangkau pasar tidak hanya terbatas pada daerah tempat barang dan jasa tersebut dikelola. Seperti contoh sekarang banyak produk lokal Indonesia yang sudah banyak di pasar Internasional dengan bantuan internet.
- Dapat dilakukan Bersamaan
Dengan adanya dunia baru ini kita sebagai penjual atau pemilik perusahan jasa dapat memasarkan pruduk atau jasa kita kepada bermacam-macam segmen konsumen secara bersamaan.
- Proses Pelaksanaan yang Cepat
Untuk memberikan bius perhatian konsumen atau client kita tidak membutuhkan waktu yang lama. Sebab dengan adanya pemasaran online ini kamu tidak perlu lagi berbicara panjang lebar seperti strategi pemasaran konvensional, jadi kita dapat menyiapkan iklan pemasaran kita sesingkat dan semenarik mungkin.
- Lebih Efektif dalam Menjangkau Konsumen atau Client
Kita tidak lagi perlu menggunakan orang ketiga jika kita mau untuk berhubungan dengan konsuen atau client, sebab dengan adanya strategi baru ini kita bisa berhubungan langsung dengan konsumen atau client.
- Mendorong Brand Engagement
Dengan keefektifan digital marketing kamu dapat dengan mudah memberikan kesan positif kepada konsumen tentang barang atau jasa yang kamu jual. Dengan berhubungan langsung kamu dapat tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen atau client dengan itu kita dapat lebih mudah mengevaluasi kekurangan dari barang atau jasa yang kita buat.
- Meningkatkan Loyalitas Brand
Hal yang tak kalah penting, kamu bisa memperoleh keuntungan strategi digital marketing berupa adanya peningkatan loyalitas brand. Loyalitas brand memiliki peran penting yang dapat mendorong konsumen untuk kembali melakukan transaksi atau repeat order. Semakin tinggi loyalitas brand, usaha yang kamu jalankan kian stabil.
Adapun kekurangan dari strategi baru ini adalah :
- Butuh Waktu yang Panjang
Penerapan strategi marketing memang membuat kamu bisa melakukan aktivitas pemasaran secara cepat. Hanya saja, kamu tidak bisa merasakan hasilnya secara langsung. Di waktu yang sama, proses pembuatan konten pemasaran juga memerlukan waktu yang tidak sedikit. Jadi, kamu perlu mengalokasikan waktu yang cukup banyak sebagai bagian dari investasi.
Fakta ini dapat kamu lihat dalam hasil riset yang dilakukan oleh Social Media Today. Mereka melaporkan bahwa rata-rata waktu yang digunakan oleh seorang digital marketer adalah sekitar 6 jam per hari. Bahkan, 1 di antara 3 praktisi digital marketing mengalokasikan waktu online lebih dari 11 jam per hari.
- Cenderung Memunculkan Reaksi Negatif
Kemampuan dalam menjangkau audiens secara luas merupakan kelebihan dan kekurangan digital marketing. Faktor ini menjadi kekurangan karena jangkauan yang besar juga menimbulkan risiko respons negatif dari para pengguna internet tidak kalah besar. Situasi tersebut dapat terjadi brand message yang kamu sampaikan dianggap keliru oleh sebagian orang.
Di waktu yang sama, fenomena trolling di internet dapat menjadi pemicu munculnya respons negatif dari warganet. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan antisipasi terhadap kejadian tersebut.
- Terkadang, Digital Marketing Susah Dikontrol
Kamu tidak bisa memprediksi hasil dari strategi digital marketing yang kamu jalankan. Terkadang, konten pemasaran kamu bisa menjadi viral. Namun, tak menutup kemungkinan marketing campaign tak berjalan sesuai rencana.
- Kesulitan dalam Menghitung ROI
Dalam aktivitas pemasaran digital, kamu memang bisa memperoleh parameter dalam mengukur tingkat keberhasilan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai tool yang tersedia di internet.
Hanya saja, tidak semua tool tersebut mampu memberikan laporan yang dapat dipercaya. Selain itu, kamu juga perlu membekali diri dengan pengetahuan dalam memahami laporan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui return of investment (ROI).
- Dapat Ditiru dengan Mudah
Strategi digital marketing relatif mudah dijiplak oleh pebisnis lain. Oleh karenanya, tak menutup kemungkinan kalau pihak yang menjiplak strategi digital marketing kamu adalah kompetitor langsung. Dampaknya, angka penjualan produk kamu dapat mengalami penurunan secara drastis.
- Gangguan White Noise
Kekurangan digital marketing terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah potensi gangguan white noise. Hal ini dapat terjadi karena ada begitu banyak informasi yang ada di internet. Berhadapan dengan banyak informasi dalam satu waktu, tak menutup kemungkinan kalau iklan kamu bakal diacuhkan oleh para pengguna internet.
Itulah informasi terkait kelebihan dan kekurangan digital marketing yang perlu kamu ketahui. Dengan memperhatikan beberapa aspek tersebut, strategi pemasaran digital memberi lebih banyak manfaat bagi para pebisnis. Apalagi, kalau penerapannya dilakukan dengan penuh perhitungan.
sumber: https://www.kompasiana.com/ibaidawi/65680275c57afb6d0850e822/dunia-baru-marketing?page=3&page_images=1