https://kalpata.co.id/wp-content/uploads/2017/11/1-6.jpg

Mendalami Komunikasi Bisnis

Sering kita melihat banyak sekali orang orang mendalami cara berkomunikasi yang baik sebagai softskill yang mereka bisa, karena ternyata di dunia kerja hal ini sangat amat dibutuhkan, bahkan dalam beberapa bidang ataupun divisi pada suatu pekerjaan komunikasi menjadi wajib, kenapa bisa wajib ? karena ada beberapa bidang pekerjaan yang mengharuskan membangun hubungan baik kepada klien/mitra kerja.

Komunikasi Bisnis menjadi suatu materi penting bagi pekerja yang berkelut dibidang bisnis atau public relation, karena dalam menyatukan atau menyampaikan ide maupun gagasan dibutuhkan keahlian komunikasi yang baik, agar input dan outputdapat di terima dengan baik dari adanya komunikasi tersebut.

Bahkan pendapat ahli yakni Djoko Purwanto mengatakan “Arti komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.

Adanya penjelasan dari Djoko Purwanto mengartikan bahwa komunikasi bisnis dapat dilakukan secara verbal (Tatap Muka Langsung) maupun non-verbal (Via Telepon atau media lainnya), yang mengartikan adanya kemudahan bagi mereka yang melakukan komunikasi bisnis agar informasi yang di berikan dapat di terima dengan baik melalui media apapun.

Melihat fungsi dari komunikasi di dalam bisnis, yaitu ;

Memberi informasi (informing)
Melakukan persuasi (persuading)
Melakukan kolaborasi (collaborating)
Melakukan integrasi (intgrative) dengan audiens
KESIMPULAN

Dari Paparan di atas menyimpulkan bahwa Komunikasi Bisnis ialah keahlian yang harus dimiliki bagi mereka yang bekerja dibidang Pemasaran ,Public Relation, ataupun dibidang yang melakukan kegiatan tersebut. Bahkan komunikasi juga diperlukan setiap pekerja di suatu instutisi agar terjalin hubungan yang baik antar lini vertikal maupun horizontal pada hirarki dunia kerja.

Komunikasi Bisnis dapat dilakukan melalu media apapun, dan dapat dilakukan secara verbal maupun non-verbal yang dapat memudahkan kita dalam mengaplikasikan ide atau gagasan yang ingin kita sampaikan, karena kemudahan serta fungsi yang ada membantu penerima pesan memahami apa yang ingin kita sampaikan dengan mudah.

 

 

 

Sumber: https://www.kompasiana.com/misharsyahputra9064/62ca8cb21cc83d7a155e8962/mendalami-komunikasi-bisnis

Leave a Reply